jump to navigation

Begini Cara Memanfaatkan tomcat dan mengusir dari area perumahan Maret 28, 2012

Posted by muhlis3 in Kesehatan.
Tags: ,
trackback

Begini Cara Memanfaatkan tomcat dan mengusir dari area perumahan

TEMPO.CO, Yogyakarta–
Tim dari Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fak. Pertanian UGM melaksanakan uji coba pembasmian Tomcat dgn relokasi hama ini dari kawasan perumahan pinggir persawahan di kawasan Celeban, Kota jogja pada Selasa, 27 Maret 2012.
Suputa, koordinator tim itu mengatakan proses relokasi ini diawali dengan penangkapan Tomcat memakai lampu ultra violet (UV).

“Kita mau menguji efektifitas lampu-lampu itu untuk menarik perhatian Tomcat,” ujar peneliti hama tanaman dari Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan UGM tersebut.

Kata Suputa, dalam proses uji coba relokasi Tomcat yang dilakukan bersama tim Dinas Pertanian DI Yogyakarta itu, Tomcat akan ditangkap setelah mengerubuti lampu UV. Untuk menangkap sebanyak mungkin hama ini, kata dia, lampu-lampu UV dinyalakan di sekeliling areal perumahan dekat sawah di kawasan Celeban. Hama Tomcat ditangkap dengan memasukkannya ke dalam plastik.

Suputa menambahkan, tomcat-tomcat yang sudah tertangkap akan dibuang oleh tim itu ke kawasan persawahan yang jauh dari perumahan. Menurut Suputa jika metode ini efektif, cara pembasmian tomcat lewat relokasi bisa diaplikasikan di kawasan lain. “Metode ini jelas ramah lingkungan karena tanpa insektisida, jadi tomcat masih bisa membantu petani memangsa wereng,” kata Suputa.

Tim relokasi Tomcat ini terdiri dari sejumlah mahasiswa S1 dan Pascasarjana serta sejumlah peneliti hama tanaman di Fakultas Pertanian UGM. Tim ini juga didampingi oleh sejumah staf Dinas Pertanian DI Yogyakarta, Ketua Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan UGM Susanto, serta ahli entimologi dan Insektisida Serangga UGM, Edi Martono.

Komentar»

1. harga laptop - Maret 28, 2012

serangga tomcat termasuk serangga predator tapi tidak mengigit manusia. Habitat hidupnya di lahan pertanian dan ia adalah perusak tanaman pertanian misalnya padi. Ia baru akan masuk ke rumah-rumah warga atau mendekatinya manakala ada sinar cahaya lampu. Yang penting jangan kita tepuk pada saat hinggap di kulit, cukup ditiup saja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: