jump to navigation

Presiden Mesir Muhammad Mursi berpindah Kantor Juni 26, 2012

Posted by muhlis3 in Berita Dunia Islam.
Tags: , ,
trackback

Presiden Mesir Muhammad Mursi berpindah Kantor

Sumber : http://www.bbc.co.uk/news/world-middle-east-18576053

Presiden Mesir terpilih, Muhammad Mursi, telah pindah ke kantor baru di istana kepresidenan dan mulai bekerja membentuk pemerintah katanya akan mewakili semua orang.

Calon yang berasal dari Ikhwanul Muslimin ini , mengalahkan mantan PM Ahmed Shafiq, dan akan  dilantik pada akhir bulan.

Namun, dewan militer yang berkuasa telah mengambil banyak kekuasaan presiden dan pertanyaan tentang otoritasnya tetap.

Sebuah konstitusi baru, ekonomi dan keamanan akan menjadi prioritas utamanya.

‘Stabilitas’

Perdana menteri yang ditunjuk oleh penguasa militer, Kamal el-Ganzouri, bertemu Bapak Mursi, Senin mengundurkan diri secara resmi dan menganggap tugas sementara sampai tim presiden baru adalah di tempat.

Salah satu spokeswomen kampanye Bapak Mursi ini, Nermine Mohammed Hassan, kepada Agence Perancis-Presse: “Dia telah dimulai dengan daftar nama dia mempertimbangkan Dia bilang dia akan menyatakan kabinet segera..”

Seorang jurubicara Mursi, Yasser Ali, mengatakan perhatian utama presiden adalah stabilitas politik.

Televisi pemerintah menunjukkan Bapak pertemuan Mursi pada hari Senin dengan Field Marshal Mohamed Hussein Tantawi, kepala dewan militer yang berkuasa, Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (Scaf).

Field Marshal Tantawi mengatakan militer akan “berdiri oleh presiden, terpilih yang sah dan akan bekerja sama dengan dia untuk stabilitas negara”.

Bapak Mursi telah berjanji untuk menunjuk berbagai wakil presiden dan kabinet “semua bakat”.

Satu titik kunci dari diskusi dengan Scaf akan pembubaran yang diperintahkan pengadilan Persaudaraan yang didominasi Muslim parlemen, yang terjadi hari sebelum pemungutan suara run-off presiden.

Karena pembubaran parlemen, tidak jelas di mana presiden baru akan mengambil sumpah jabatannya.

Ikhwanul Muslimin telah mencari penarikan parsial parlemen sehingga ia disumpah sebelum anggota parlemen. Namun, kantor berita Mena mengutip seorang juru bicara Ikhwanul Muslimin mengatakan sumpah akan diambil sebelum Mahkamah Konstitusi Agung.

Emad Abdel-Ghaffour, kepala ultra-konservatif Islam al-Nour pihak, mengatakan kepada Associated Press bahwa meskipun hasil pemilu telah meredakan ketegangan, masih sangat dibutuhkan mediasi antara Islamis dan Scaf pada kekuasaan presiden.

Scaf ini telah menyebabkan Mesir sejak revolusi tahun lalu dan mengeluarkan serangkaian dekrit terakhir:

  • Kementerian kehakiman memberikan tentara hak untuk menangkap warga sipil untuk diadili di pengadilan militer sampai ratifikasi sebuah konstitusi baru
  • Sebuah dekrit dikeluarkan membubarkan parlemen setelah satu keputusan pengadilan bahwa hukum pada pemilihan majelis rendah parlemen tidak sah
  • Para Scaf diberikan kekuasaan legislatif itu sendiri dan diperkuat perannya dalam penyusunan sebuah konstitusi permanen
  • Field Marshal Tantawi mengumumkan kembali pembentukan Dewan Pertahanan Nasional, menempatkan para jenderal yang bertanggung jawab atas kebijakan keamanan nasional Mesir

Saham di indeks utama Mesir EGX30 melonjak pada Senin dalam perdagangan pertama sejak hasil diumumkan, memicu suspensi setengah jam. Penghentian dalam perdagangan dipicu oleh mekanisme yang dirancang untuk mencegah fluktuasi pasar yang lebih besar dari 5%.

Dalam pidato kemenangannya pada hari Minggu, Mr Mursi, 60, mendesak Mesir “untuk memperkuat persatuan nasional kita” dan dijanjikan presiden inklusif.

“Tidak ada ruang sekarang untuk bahasa konfrontasi,” katanya, setelah pihak berwenang pemilihan menyatakan bahwa ia telah memenangkan 51,73% pada 16-17 Juni presiden run-off.

Muhammad Mursi:” revolusi ini melanjutkan ”

Setelah mendengar berita kemenangannya, puluhan ribu pendukung Ikhwanul Muslimin bersorak di Kairo Tahrir Square, bernyanyi, “Down dengan kekuasaan militer!”.

Perayaan berlanjut sampai Senin, dengan beberapa pengunjuk rasa mengatakan mereka tidak akan meninggalkan alun-alun sampai parlemen kembali.

Bapak Mursi memuji para pengunjuk rasa yang tewas dalam pemberontakan tahun lalu terhadap mantan Presiden Hosni Mubarak tetapi juga memuji peran pasukan Mesir yang sangat kuat bersenjata.

Ia juga mengatakan ia akan menghormati perjanjian internasional.

Menanggapi pemilihan Mr Mursi, Gedung Putih yang disebut hasil “tonggak untuk transisi Mesir untuk demokrasi” .

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Senin: “Kami berharap untuk bekerja sama dengan pemerintahan baru atas dasar perjanjian damai kami.”

Ada kebingungan wawancara dugaan dikutip setengah resmi kantor berita Iran Fars. Fars kata Mursi merencanakan untuk memperluas hubungan dengan Iran untuk “menciptakan keseimbangan tekanan di kawasan itu”, tapi juru bicara Mr Mursi membantah wawancara telah terjadi.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: