jump to navigation

EVALUASI KESESUAIAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN BERDASARKAN FORMULARIUM DI RSUD Dr. M. YUNUS BENGKULU PERIODE OKTOBER-NOVEMBER 2012 Mei 3, 2013

Posted by muhlis3 in abstrak penelitian.
Tags: , ,
trackback

 

EVALUASI KESESUAIAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN

BERDASARKAN FORMULARIUM DI RSUD Dr. M. YUNUS

BENGKULU PERIODE OKTOBER-NOVEMBER 2012

—————————————————————————————

Oleh : Febriana Astuti, Muh.Muhlis

 

 

INTISARI

 

Pelayanan resep yang baik merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah sakit . Untuk mengetahui kualitas pelayanan tersebut, maka dilakukan evaluasi pelayanan resep pasien rawat jalan berdasarkan formularium di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental. Untuk mengetahui persentase kesesuaian resep terhadap formularium, maka dilakukan observasi langsung dengan melihat resep yang masuk di apotek rawat jalan RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dibandingkan dengan formularium tahun 2011 lalu dilihat jumlah yang sesuai dan yang tidak sesuai. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 oktober sampai 27 november 2012 dan dimulai jam kerja yaitu 08.00-13.00.

Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase kesesuaian resep pasien rawat jalan masih cukup rendah, yaitu dari 220 sampel resep yang sesuai formularium sebesar 60,90%. Untuk pelayanan resep ketika tidak sesuai dengan formularium di apotek rawat jalan adalah tetap dilayani apa adanya sebesar 88,72%, dilayani tetapi harus disesuaikan terlebih dahulu dengan formularium sebesar 8,14%, tidak dilayani sebesar 3,45%. Hal ini menunjukan pelayanan yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian yang ada di apotek rawat jalan masih belum sesuai dengan standar pelayanan yaitu pelayanan resep harus sesuai dengan formularium yang telah ditetapkan oleh rumah sakit dan masih banyak dokter yang menulis resep tidak sesuai dengan formularium.

 

Kata kunci : kesesuaian resep, formularium rumah sakit, pasien rawat jalan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: