jump to navigation

Tanaman Tanaman Obat ( Jamu) yang dapat digunakan sebagai obat Diabetes (DM) Mei 20, 2015

Posted by muhlis3 in Berita Farmasi, Kesehatan, Obat Tradisional.
Tags: , , ,
trackback

Tanaman Tanaman Obat ( Jamu) yang dapat digunakan sebagai obat Diabetes (DM)
Oleh : Muhammad Muhlis
1. Ekstrak daun Sirsak
Ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan fungsi dari sel beta pankreas yang menghasilkan fungsi insulin. Telah dilakukan penelitian yang ternyata daun sirsak memiliki sifat hipoglikemik yakni menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mekanisme kerja antidiabetes ekstrak daun sirsak tersebut dilakukan pada regenerasi sel islet pada kelenjar pankreas hewan percobaan tikus. Hasil itu memberikan harapan, pemakaian ekstrak daun sirsak dapat memperbaiki fungsi kelenjar sebagai penghasil insulin yang diperlukan oleh penderita diabetes.
2. Kulit Manggis
kulit manggis mengandung senyawa aktif xanthone yang memiliki kandungan antioksidan tinggi sebagai pencegahan radikal bebas. Selain itu, zat xanthone juga dapat mengurangi resistensi insulin yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penumpukan glukosa menjadi penyakit diabetes melitus.
3. Daun mangga
Daun Mangga ternyata memiliki banyak manfaat antara lain dapat digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes. Daunnya mengandung senyawa yang disebut taraxerol-3beta, dan etil asetat ekstrak yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan menstimulasi sintesis glikogen. Cara penggunaannya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.
4. Sayur buncis
Sayur Buncisyang rasanya enak ini ternyata bisa menurunkan kadar gula dalam darah hingga batas normal karena zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan secara alamiah oleh tubuh kita dari organ tubuh yang dinamakan pankreas yang fungsinya menurunkan kadar gula dalam darah
5. Kayu manis telah diteliti dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Perlu ditekankan bahwa kayu manis tidak akan menyembuhkan penyakit gula Anda, kayu manis hanya dapat menurunkan kadar gula dalam darah. methylhydroxychalcone polymer (MHCP), kandungan utama pada kayu manis yang memiliki efek mirip insulin dan menaikkan kesensitifan insulin, tidak ditemukan pada minyak kayu manis. Menurut Dr dr Amarullah Siregar, kayu manis memiliki efek biomolekuler di pankreas. “Kayu manis mengandung senyawa kimia yang disebut PTP1B yang bekerja mengaktifkan senyawa di pankreas dengan cara mengaktifkan sel beta yang berfungsi menghasilkan insulin,” ujarnya. Selanjutnya insulin akan membuka pintu sel darah merah sehingga gula bisa masuk dan diubah menjadi energi. Penderita diabetes tipe sensitivitas tubuh terhadap insulin berkurang sehingga kadar gula darah tetap tinggi karena tidak bisa masuk ke dalam sel. Senyawa PTP1B juga akan bekerja di sel alfa yang berfungsi membantu hati menghasilkan glikogen. “Sel ini mengubah gula menjadi glikogen atau cadangan energi,” kata Amarullah, pakar pengobatan naturopati.
6. Pare, Pare dapat menurunkan kadar gula yang ada dalam darah dan menormalkannya kembali. Rasa pahit yang ada di pare menjadi insulin atau obat diabetes. Pada pare mengandung senyawa polipeptida yang mirip insulin disebut polipeptida-p (p- insulin) , khasiatnya menurunkan kadar glukosa darah secara langsung, lain itu terdapat pula senyawa alkoloid yang memiliki peranan serupa, zat karatin pada pare berhasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) ia terdiri atas senyawa saponin steroid yang khasiatnya lebih kuat dari pada tolbutamida, zat ini menstimulasi sel – sel beta pulau langerhans sehingga meningkatkan produksi hormon insulin.
7. Mengkudu, Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif. Seorang peneliti buah mengkudu selama 45 tahun yaitu Dr. Ralph M. Heninicke seorang ahli biokimia dari University of Hawaii menemukan senyawa alkaloid proxeronine pada daging buah mengkudu yand ditemukanya secara tidak sengaja pada saat melakukan penelitian mengenai kandungan enzim bromeline pada buah nanas. Yang lebih mengejutkan dari penelitian tersebut adalah bahwa kandungan proxeronine pada buah mengkudu 800 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan proxeronine pada buah nanas. Kandungan proxeronine mampu memperbaiki sel sel beta pankreas, didalam tubuh proxeronine diubah menjadi xeronine yang mampu menyatukan peptida peptida atau asam amino menjadi protein, xeronine mampu meregenerasi sel sel pankreas yang rusak, sehingga dapat mengatasi penyakit diabetes

8. Daun Bungur atau Banaba sudah sangat terkenal di dunia terutama di Philipina, sebagai suatu herbal yang sangat manjur untuk pengobatan kencing manis./diabetes mellitus Di Indonesia daun ini terkenal dengan nama Bungur dengan bunga berwarna violet yang cantik.
Banyak sekali tanaman ini ditanam sebagai pohon pelindung ditepi jalan, belum banyak yang mengetahui kalau tanaman ini sangat bermanfaat dalam pengobatan penyakit kencing manis atau gula darah atau penyakit diabetes mellitus.
Senyawa utama yag bermanfaat untuk pengobatan gula darah disebut Asam korosolat (Corosolic Acid), dapat dipakai secara langsung tidak mempunyai ekek samping yang berbahaya dan telah diteiti secara intensif di Jepang dan di Amerika.
Penelitian di Jepang dilaksanakan oleh Proffesor Dr Yamazaki di Hiroshima School of Medicine, deengan cara ekstraknya disemprotkan di udara pada pasien penderita gula darah yang sedang tidur ternyata dan dari asam korosolat yang dihirup penderita tersebut kadar gula darahnya jadi terkendali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: