jump to navigation

Clinical Pharmacy Mei 29, 2015

Posted by muhlis3 in Berita Farmasi, Kuliah.
Tags: , ,
trackback

Clinical Pharmacy

Farmasi klinis adalah disiplin kesehatan dimana apoteker bekerjasama dengan profesional kesehatan lainnya untuk mempromosikan penggunaan obat yang rasional, aman, tepat dan penggunaan biaya obat yang efektif. Hal ini didefinisikan oleh American College of Pharmacy Clinical sebagai “Area farmasi berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan praktik penggunaan obat yang rasional”
Tanggung jawab praktek farmasi klinis bertujuan untuk mengoptimalkan hasil terapi obat dan memperbaiki masalah yang terdeteksi dalam penggunaan Obat.
Apoteker klinis bekerja sama dengan dokter dan perawat dalam pemantauan obat, rezimen dosis, efek samping, interaksi dan pemberian obat untuk mendiskusikan masalah ketepan dan dalam penggunaan obat, keamanan dan efektivitas terapi. Istilah teknis untuk monitoring ini adalah ” Medication Review”. Hal ini adalah penilaian yang sistematis dari obat pasien untuk mengoptimalkan hasil terapi dan untuk mengidentifikasi isu-isu terkait dengan penggunaan obat.
Fungsi lain dari apoteker klinis termasuk pengumpulan sejarah penggunaan obat-obatan, konseling pasien, memberikan informasi obat dan penelitian. Penambahan layanan ini telah menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam perawatan pasien dan mengurangi angka kematiandan kesakitan terkait penggunaan obat dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Studi-studi ini telah membuktikan bahwa intervensi apoteker pada perawatan pasien melalui review sejarah penggunaan obat, berpartisipasi dalam kunjungan bangsal, review pengobatan dan konseling pasien dengan umpan balik ke dokter menghasilkan peningkatan pelayanan, peningkatan keselamatan pasien dan kepuasan dan memberikan manfaat ekonomi yang cukup besar. Ini menunjukkan bahwa apoteker jika melakukan review sejarah penggunaan obat menyebabkan terapi menjadi lebih efisien dan menghemat waktu dan biaya dibandingkan dengan dokter dan perawat

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: