jump to navigation

Cara membuat hand sanitizer Maret 3, 2020

Posted by muhlis3 in artikel kesehatan, Berita Farmasi, Kesehatan, Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

Pembuatan hand sanitizer

Ayo kita buat sendiri hand sanitizer

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat 10 liter hand sanitizer sesuai standar WHO:

Formulasi 1:

– Ethanol 96 persen, 8333 ml
– Hidrogen peroksida 3 persen, 417 ml
– Gliserol 98 persen, 145 ml
– Aqudest hingga 10 L

Formulasi 2:

– Isopropil alcohol 99,8 persen, 7515 ml
– Hidrogen peroksida 3 persen, 417 ml
– Gliserol 98 persen, 145 ml
– Aquadest hingga 10 L

Setelah semuanya terkumpul, bahan pertama yang pertama kali dimasukkan dalam botol atau jerigen adalah alkohol. Setelahnya masukkan hidrogen peroksida yang jumlahnya telah diukur di wadah labu ukur. Dilanjutkan dengan menuangkan gliserol dan aquadest secara berurutan.

Jika semua bahan telah dimasukkan ke jerigen atau botol, langsung tutup untuk mencegah alkohol menguap. Kemudian campur semua bahan dengan dikocok secara perlahan. Setelah itu hand sanitizer bisa ditempatkan dalam wadah yang lebih kecil ukuran 500 ml atau 100 ml. Simpan dalam ruangan khusus yang jauh dari panas dan api selama 72 jam sebelum digunakan.

Kedua formulasi tersebut merupakan standar WHO untuk memproduksi hand sanitizer sebanyak 10 liter dengan konsentrasi akhir setelah pencampuran, (Formulasi 1) ethanol 80 persen, gliserol 1,45 persen, hidrogen peroksida 0,125 persen dan (Formulasi 2) isopropil alcohol 75 persen, gliserol 1,45 persen, hidrogen peroksida 0,125 persen.

WHO menjelaskan bahwa kedua formulasi hand sanitizer tersebut direkomendasikan untuk produksi lokal atau rumahan maksimal 50 liter. Untuk membuat hand sanitizer sendiri sesuai standar WHO di rumah dengan skala lebih kecil, jumlah setiap bahan bisa dikurangi namun tetap dengan konsentrasi dan kadar bahan yang sama. Pastikan memakai sarung tangan dan masker saat menuangkan atau mencampur bahan-bahan.

 

Selamat produksi…dari Apoteker Muhammad muhlis

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar