jump to navigation

Peran vitamin D dalam penyerapan Calcium kedalam tulang dan Gigi Januari 22, 2024

Posted by muhlis3 in artikel kesehatan, Berita Farmasi, keluarga.
Tags: , , , , ,
trackback

Peran vitamin D dalam penyerapan Calcium kedalam tulang dan Gigi
By Apoteker Muhhammad Muhlis

Kebutuhan kalsium rata-rata janin yang sedang berkembang adalah 30 g pada akhir masa kehamilan (Kovacs, 2001).
80% dari jumlah kalsium ini diperoleh pada trimester ketiga saat kerangka janin berkembang pesat (Kovacs, 2001). Rata-rata transfer kalsium ke janin selama kehamilan adalah 50 mg/hari pada trimester kedua dan 250 mg/hari pada trimester ketiga (Oliveri, Parisi, Zeni, & Mautalen, 2004).

Jika ibu tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup pada masa prakonsepsi dan selama kehamilan, kepadatan tulang ibu secara signifikan dapat menurun, sehingga dapat menyebabkan ibu berisiko terkena osteoporosis di kemudian hari. Selain itu, asupan kalsium yang rendah dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan kerangka janin dan rendahnya konsentrasi kalsium dalam ASI

Asupan kalsium yang direkomendasikan di Amerika Serikat untuk wanita hamil dan menyusui sama: 1 g/hari untuk wanita di atas usia 19 tahun dan 1,3 g/hari untuk wanita berusia 18 tahun atau lebih muda.

Vitamin D membantu membangun tulang dan gigi bayi yang kuat. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 600 unit internasional (IU) per hari. Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber vitamin D yang baik. Pilihan makanan lainnya untuk mendapatkan asupan vitamin D, yaitu susu dan jus jeruk.

Tubuh tidak bisa menyerap kalsium sama sekali tanpa kehadiran vitamin D yang cukup di dalam tubuh. Saat vitamin ini masuk, tubuh akan langsung mengubahnya menjadi hormon calcitriol yang berfungsi membantu penyerapan kalsium di usus.
Vitamin D juga akan merangsang zat yang akan mengangkut kalsium masuk ke dalam dinding usus dan membawanya sampai ke darah. Bila proses ‘pengangkutan’ kalsium ini lancar dan kalsium sudah ada di dalam darah, maka penyerapan berhasil dengan baik.

Vitamin D memiliki peran utama untuk membantu penyerapan kalsium dan menjaga kestabilan kadar kalsium dan fosfat di dalam darah supaya proses mineralisasi tulang dapat berjalan normal. Juga meningkatkan reabsorbsi Kalsium dan Fosfat di ginjal.

Didalam tubuh, bentuk vitamin D dari makanan akan diubah menjadi pro-vitamin D (7-dehidrokolekalsiferol dan ergokalsiferol) dengan bantuan sinar matahari. Pro-vitamin D akan diubah menjadi 25(OH)D didalam hati dan masuk kedalam ginjal untuk diubah menjadi bentuk aktif 1,25(OH)2D3
Secara ringkas sinar matahari membantu metabolism vitamin D menjadi pro-Vitamin D yang kemudian dimetabolismen menjadi Vitamin D aktif.
Alhamdulillah..

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar